Monday, May 28, 2012

Asal-usul Marga Ginting

 Merga Ginting merupakan salah satu marga yang ada pada suku karo.Merga Ginting terbagi pula menjadi sub-sub merga, terdiri atas beberapa Sub Merga seperti :
  • Ginting Pase Ginting Pase menurut legenda sama dengan Ginting Munthe. Merga Pase juga ada di Pak-Pak, Toba dan Simalungun. Ginting Pase dulunya mempunyai kerajaan di Pase dekat Sari Nembah sekarang. Cerita Lisan Karo mengatakan bahwa anak perempuan (puteri) Raja Pase dijual oleh bengkila (pamannya) ke Aceh dan itulah cerita cikal bakal kerajaan Samudera Pasai di Aceh. Untuk lebih jelasnya dapat di telaah cerita tentang Beru Ginting Pase. (Petra : Bisa dibaca di sini)
  • Ginting Munthe Menurut cerita lisan Karo, Merga Ginting Munthe berasal dari Tongging, kemudian ke Becih dan Kuta Sanggar serta kemudian ke Aji Nembah dan terakhir ke Munthe. Sebagian dari merga Ginting Munthe telah pergi ke Toba (Nuemann 1972 : 10), kemudian sebagian dari merga Munthe dari Toba ini kembali lagi ke Karo. Ginting Muthe di Kuala pecah menjadi Ginting Tampune.
  • Ginting Manik Ginting Manik menurut cerita masih saudara dengan Ginting Munthe. Merga ini berasal dari Tongging terus ke Aji Nembah, ke Munthe dan Kuta Bangun. Merga Manik juga terdapat di Pak-pak dan Toba.
  • Ginting Sinusinga
  • Ginting Seragih Menurut J.H. Neumann (Nuemann 1972 : 10), Ginting Seragih termasuk salah satu merga Ginting yang tua dan menyebar ke Simalungun menjadi Saragih, di Toba menjadi Seragi.
  • Ginting Sini Suka Menurut cerita lisan Karo berasal dari Kalasan (Pak-Pak), kemudian berpindah ke Samosir, terus ke Tinjo dan kemudian ke Guru Benua, disana dikisahkan lahir Siwah Sada Ginting (Petra : bacanya Sembilan Satu Ginting), yakni :
    • Ginting Babo
    • Ginting Sugihen
    • Ginting Guru Patih
    • Ginting Suka (ini juga ada di Gayo/Alas)
    • Ginting Beras
    • Ginting Bukit (juga ada di Gayo/Alas)
    • Ginting Garamat (di Toba menjadi Simarmata)
    • Ginting Ajar Tambun
    • Ginting Jadi Bata
    Kesembilan orang merga Ginting ini mempunyai seorang saudara perempuan bernama Bembem br Ginting, yang menurut legenda tenggelam ke dalam tanah ketika sedang menari di Tiga Bembem atau sekarang Tiga Sukarame, kecamatan Munte.
  • Ginting Jawak Menurut cerita Ginting Jawak berasal dari Simalungun. Merga ini hanya sedikit saja di daerah Karo.
  • Ginting Tumangger Marga ini juga ada di Pak Pak, yakni Tumanggor.
  • Ginting Capah Capah berarti tempat makan besar terbuat dari kayu, atau piring tradisional Karo.

54 comments:

  1. Jadi Ginting yang mana yang masuk rumpun PARNA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa Ginting Munthe disebut sebagai rumpun PARNA??

      Delete
    2. Tidak Ada GINTING masuk perna.
      Sebetulnya GINTING suka ini walaupun berasal Dari pakpak . Tapi buukan berasal Dari sukunya
      Lebih tepat lagi dari dairi. Tapi Dari GINTING pase yang pulang Dari pakpak ke Karo .
      Dan melahirkan GINTING siwah Sada di gurubenua .
      GINTING Tidak Ada kaitkan dengan parna . Begitu juga simarmata yang berasal dari GINTING garamata . Simarmata berleluhurkan GINTING . Bukan parna.

      Delete
  2. suku karo itu bukan berasal dari tanah batak,,,,
    karo itu bukan batak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bukan batak terus apa? πŸ˜’

      Delete
    2. Kalau bukan batak terus apa? πŸ˜’

      Delete
    3. IMHO. Karo ya Karo. Batak ya Batak. Tp pada sejarahnya Merga Karo ini menyebar sampai ke tanah Batak. Demikian sebaliknya, Batak juga ada yg menyebar ke Tanah Karo. Hingga Kedua merga ini ada yg menyatu (kawin/nikah). Lahirlah jenis merga spt di atas. Jadi wajar klo ada Merga Karo yg asal-usulnya dr tanah Batak dan sebaliknya. Ingat Merga (Karo dan Batak) inikan awalnya dari nama seseorang yg kemudian diwariskannya ke nama anak dan cucunya (keturunannya). Jadi Karo itu ya Karo. Batak ya Batak. Suku yg berbeda tapi memiliki banyak kesamaan krn daerahnya yg berdekatan dan banyak keturunannya yg sudah nyampur (nikah Karo dgn Batak).

      Delete
    4. mungkin dari batu atau pohon kali ....
      hehehe..
      sentabi lebe aku kalak sinulaki (sembiring), NINI BULANG KAMI BERASAL DARI PAROPO KAMPUNG SILALAHI.

      Delete
    5. sentabi man bandu impal/senina admin, kalo menurut saya, karo bisa batak bisa juga ngga, karna hampir semua suku karo merupakan pendatang dari toba, simalungun, dan pak-pak ke tanah karo.
      dari penamaan karo itu sendiri adalah halak na ro dan sering disebutkan naro dan selanjutnya berubah menjadi karo.

      Delete
    6. Barak cuma sebutan aja.
      Batak itu ada banyak.
      Batak toba, simalungun, Mandailing,karo dan pak-pak.

      Batak itu cuman untuk sebutan kelima suku ini .

      Delete
    7. Sentabi kade2. Aku mau melurus kan dlu. Kalo dibilang karo bukan batak ya aku juga kurang setuju. Tapi kalo dibilang suku karo berasal dari batak ya salah besar. Keraajaan tertua di sumatra utara ya kerajaan haru. Jauh sebelum samudra pasai yg merupakan keraajan islam tertua diindonesia. Hanya saja karena pada jaman dulu marak nya bencana alam suku karo banyak yg berpindah2. Batak sama hal nya deperti sebutan jawa pada pulau jawa. Ada jawa sunda, jawa ngapak, jawa keraton dan lain2. Tapi pada dasar nya ya sunda ya sunda bukan seperti jawa yg lain. Begitu juga karo ya karo bukan toba. Tapi hanya disebut batak toba untuk menyimbolkan wilayah atau tempat. Kata batak selalu menjadi perdebatan karena suku toba pada era reformasi sampai sekarang merupakan suku yg bisa dibilang terkenal dengan suka merantau. Tak heran diluar pulau sumatra banyak sekali org toba. Namun, itu salah nya. Orang batak toba selalu menyebut mereka dengan batak. Sehingga membuat persepsi org lain bahwa batak itu sama dengan toba. Dan suku lain seperti batak karo batak simalungun dan lain2 adalah bagian dari batak toba. Padahal sama sekali tidak. Hanya kesalahan persepsi saja.

      Delete
    8. Dari semua data sejarah yang ada, karo dan toba sama2 memiliki kerajaan yg terbilang berbeda, baik dari segi tulisan, rumah adat bahasa, alat musik, senjata tradisional, pakaian dan lain2. Lalu ketika org mengatakan loh kok adat nya hampir sama. Hampir bukan berarti mirip, adat merupakan kebiasaan suatu suku. Nah karo dan toba sma hal nya suku yg berdiam di dataran tinggi atau pegunungan tentu mempunyai kebiasaan/adat yg sama. Lebih jelas nya bisa diliat dari segi asal usul. Kita semua berasal dari benua afrika dan amerika. Jutaan tahun lalu semenjak gunung toba meletus banyak suku dari benua lain masuk ke indonesia termasuk sumatra. Nah, seperti suku toba awal nya berasal dari suku mongolia dari benua afrika, singgah di toraja kemudian berakhir di sumatra utara tepat nya danau toba. Sedangkan kita suku karo berasal dari benua afrika tepat nya dari perpaduan india dan suku afrika lain nya.
      Nah siapa yg lebih dulu masuk ke sumatra? Toba atau karo? menurut suku toba seperti marga ginting adalah parna, dan berasal dari raja simbolon. Maka toba adalah suku yg lebih dulu dri pada karo. Sangat salah besar. Sekali lagi karo berbeda dengan toba. Mungkin menganggap sama karene kita orang karo tidak pernah mengatakan sub marga kita. Hanya kita bilang seperti saya ginting munthe saya selalu bilang saya ginting. Kalau suku toba lebih menyebut kepada sub marga. Contoh silalahi. Sihaloho termasuk sub marga sihaloho tpi mereka tdk menyebut mereka silalahi melainkan sihaloho. Jadi mungkin bnyak yg berpersepsi seperti itu sehingga kesamaan seperti ginting jawak tumangger dan seragih mirip seperti marga di toba, seperti tumanggor, saragih, dan jawak padahal berbeda. Seperti yg saya bilang diawal, kerajaan haru adalah kerajaan terutua suku karo. Jauh sebelum suku2 lain ada dan membuat kerajaan mereka di sumatra, suku karo telah lebih dulu berada dan maju. Namun akibat perpecahan dan faktor lain kerajaan haru pun punah dan sangkin tua nya sangat sedikit ditemukan artefak tentang itu. Salah satu bukti nyata nya adalah permainan catur karo oleh suku karo. Jauh sebelum belanda memperkenalkan catur pada indonesia. Orang karo sudah lebih dulu mengenal catur. Boleh disearching kok. Jadi di indonesia suku yg pertama mengenal catur adalah suku karo. Sehingga banyak ilmuan beranalogi bahwa suku karo merupakan suku yg berasal dari mesir sehingga disebut khairo. Yg sudah sejak lama merupakan suku yg terbilang maju. Jadi man banta kalak karo. Tidak ada hubungan nya dengan toba. Atau halak na ro. Karena silsilah keturunan dan asal kita berbeda. Mirip nya beberapa aksen bahasa dikarenakan semua suku batak berada dalam lingkaran danau toba dan saling berinteraksi satu sama lain. Bahasa karo sekarang jauh lebih modern karena banyak nya aksen bahasa yg menghilang disebabkan sangkin lama nya peradaban suku karo. Tak heran skrg bahasa karo banyak yg dicampur bahasa indonesia, seperti rumah=rumah berita=kabar, aku=aku. Padahal bahasa aslinya jauh lebih rumit. Juga Danau toba disebut danau toba karena yg tjnggal disitu 50% org toba 20%karo 25%simalungun dan lain nya. Padahal sampai sekarang danau toba tepat nya parapat termasuk wilayah kabupaten simalungun. Jadi harus nya danau simalungun

      Delete
    9. This comment has been removed by the author.

      Delete
    10. Klok GK pernh baca asal usul tarombo Batak
      Jgn asal ngmng Lae
      Siapa yg bilang Karo bukan Batak
      Laen kali pelajari dlu tarombo yg lengkap
      Dri awal raja Batak
      Terima kasih

      Delete
  3. Karo adalah batak. Apa untungnya karo bukan batak dan apa ruginya karo adalah batak. Janganlah mau dipecah pecah. Dan jangan asal berpendapat kalo masih bau kencur alias buta sejarah.

    ReplyDelete
  4. Karo bukanlah batak karena karo bukanlah batak. Mengapa anda memaksakan bahwa karo adalah batak? Karo memiliki adat tersendiri yang berbeda dengan suku batak. Batak itu bukanlah suku, melainkan suatu kaum yang dibuat oleh belanda untuk membedakan suku deli dengan suku lainnya. Dan kami sebagai suku karo tidak bangga dibilang batak, tetati bangga dibilang sebagai suku karo tanpa embel-embel suku batak.

    ReplyDelete
  5. Karo bukanlah batak karena karo bukanlah batak. Mengapa anda memaksakan bahwa karo adalah batak? Karo memiliki adat tersendiri yang berbeda dengan suku batak. Batak itu bukanlah suku, melainkan suatu kaum yang dibuat oleh belanda untuk membedakan suku deli dengan suku lainnya. Dan kami sebagai suku karo tidak bangga dibilang batak, tetati bangga dibilang sebagai suku karo tanpa embel-embel suku batak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak penting juga gan kalau dirimu gak mau jadi bagian suku batak.

      Delete
    2. ya samalah, kami pun gak penting juga gan kalau karo bukan batak. kami tidak pernah meng klaim batak adalah karo, krn tidak ada untungnya jg buat kami.

      Delete
  6. Sentabi..
    Ini penjabaran marga ginting. Bukan asal usul marga ginting. Jelas bandu min..bujur

    ReplyDelete
  7. tdk jelas dan belum akurat informasinya, blm bisa diterima akal sehat,

    ReplyDelete
  8. batak itu bukan nama yg diberikan oleh belanda??? batak itu artinya pengembara, hidup berpindah pindah, jika batak memang sebuah nama pemberian dari belanda kenapa di flipina ada suku batak dimana bahasa dan marganya mirip dgn batak samosir,, apakah mrk pemberian belanda jg??? smentara flipina tdk pernah dijajah belanda, dan suku batak flipina merupakan salah satu suku anak dalam tertua diflipina, tempatnya dipegunungan dan terprncil, salah satu marga batak flipina adalah SIGALA, mirip dgn marga sagala di toba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bg Wilson..cb dipahami lg komen dr praa gint.. SDH dibahas disitu.. tinggal penalaran aja bg

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Maaf sebelum nya,,

    "Saya juga pernah belajar macam² batak,,
    Dan salah satu nya adalah batak "karo"

    Kalau ada orang yang mengatakan bahwa suku karo bukan termasuk orang batak, maka orang itu BUTA akan pengetahuan."

    ReplyDelete
  12. GBKP adalah gereja batak karo protestan yg sudah berdiri sejak 200 thn yg lalu ,jadi jika ada yg mengatakan kari bukan batak cepat lah bertobat ,,atau kurang man sop kam ei sobat

    ReplyDelete
  13. Sssssstttttt..... gak usah berdebat tu masalah asal usul ...ayo kita semua bersaudara.... berkarya untuk bangsa lebih bermakna lo.... horas/mejuah-juah/njuah-juah

    ReplyDelete
  14. Gereja Batak Karo Protestan salah satu bukti sejarah jika Karo termasuk bagian dari Suku Batak.

    #Suku Batak adalah suku yang berasal provinsi Sumatera Utara. Suku Batak memiliki 6 sub etnis yaitu: Angkola, Karo, Mandailing, Pakpak, Simalungun, dan Toba. Keseluruhan sub-etnis suku Batak memiliki marga yang diwarisi oleh keturunan mereka, dan terdapat banyak marga yang dipakai oleh lebih dari satu sub-etnis. (sumber : wikipedia)

    ReplyDelete
  15. Untuk menyimulkan apakah karo itu batak atau bukan, masing2 orang pasti punya pendirian berdasarkan "suka atau tidak" yg sangat subjektif sesuai dengan selera/referensi masing2. Yg jelas belakangan ini semakin banyak org karo yg menyatakan dirinya bahwa dia adalah org karo, bukan batak karo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bro.Opung saya bilang ke kakek,dia batak karo. Kakek bilang ke bapak, dia batak karo.Bapak bilang ke saya, dia batak karo. Lantas apa harus saya ngaku bukan batak karo?? Apa sy ga durhaka ama leluhur kl ngaku ga batak karo???

      Delete
  16. Mau suku apapun kita gak usah dipermasalahkan Nenek moyang kita aja dulu gak ribut.. sekarang kita cucu cucu nya yang hanya tau se upil sejarah masak jd ribut hanya permasalahan Batak sama Karo .. yg penting kita saudara dan hidup rukun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap kel senina, ja pa pei nina kalak, karo enda la masalah, si terpenting kita bersaudara kerina mejuah juah senina, God bless

      Delete
    2. Mantap kel senina, ja pa pei nina kalak, karo enda la masalah, si terpenting kita bersaudara kerina mejuah juah senina, God bless

      Delete
  17. Polemik ini muncul karena ada sub etnis di batak ini yg membuat silsilah/ terombo dan klaim sepihak asal usul si Raja Batak yg berasal dari langit turun di Sianjur Mulamula.. silsilah ini tersusun rapi semua marga2 yg ada di toba dan yg merantau ke luar toba termasuk ke karo. Faktanya bahwa penguasalah yg membuat sejarah walaupun sejarah itu benar apa tidak(rekayasa utk kepentingan).Didalam sejarah penulisan asal usul marga tidak ada cerita yang pasti karena memang hanya pesan turun temurun sesuai dengan pesan leluhur. Dengan kata lain TIDAK ADA DALAM PENULISAN SEJARAH ASAL USUL MARGA DILENGKAPI DENGAN BUKTI YG OTENTIK SEMUA PERKIRAAN.Kembali ke konteks KBB,karo mempunyai bahasa kain adat(uwis)dan adat tersendiri(walaupun mirip/persis dgn toba) mungkin karo setuju disebut batak kalau tidak ada klaim si Raja Batak karena dari bahasa cara menari dan upacara kalau ada orang meninggal di karo, lebih identik dgn India bukan dari Sianjur Mulamula Pusuk Buhit.kesimpulannya kalau arti BATAK itu adalah pengembara dan hidup di pegunungan Yes KARO ADALAH SALAH SATU DIANTARANYA. Tapi apakah orang KARO ADALAH KETURUNAN SI RAJA BATAK?? Kalau boleh saya jawab BUKAN!! Tapi dalam pejalanan sejarah Karo ada dari marga2 dari toba menjad menjadi bagian dari karo... YAP... TERMASUK SAYA MUNTHE TONGGING YG MENJADI GINTING MUNTHE DI TANAH KARO..SALAM DAMAI.. INI HANYA ANALISA SAYA DAN TIDAK DILENGKAPI DENGAN BUKTI YANG OTENTIK. HORAS/MEJUAH.-JUAH

    ReplyDelete
  18. Suku karo sudah diakui di diakui di negara kita. Tak usahlah kita ribut memaksa mereka masuk suku batak.horas au marga sidabutar parna abang,lae,atturang😁😁😁

    ReplyDelete
  19. sentabi mejuah juah

    bembem tenggelem ketanah saat menari di tiga bembem atau sekarang tiga sukarame

    si kueteh ras ku idah maka tiga bembem cibal na i gurubenua , janah tiga sukarame cibal na i sukarame
    jadi ija nge situhuna lesepnabembem br ginting ei min .?
    i gurubenua ntah i sukarame

    bujur..

    ReplyDelete
  20. Diatas sibuk membahas, ....... Bukan batak, baru adalagi besok ngomong...... Bukan batak. Tdk usah dipersoalkan begituan, waktu yg menjawab itu semua.
    Nanti di perantauan, kalau hidupnya SUSAH, saudaranya kita semua. Kayaknya seperti masih satu bapak satu ibu.
    Kalau sdh rasanya seperti satu bapak satu ibu, tdk ada lagi PERDEBATAN seperti di atas.
    apa yg saya sampaikan ini, sdh ter uji di perantauan ini.

    ReplyDelete
  21. Karena ada satu merga yg sy ketahui dari dahulu yg termasuk siwah Sada Ginting adalah Ginting capah, bgmkah sebenarnya....

    ReplyDelete
  22. Ginting garamata (simarmata)

    Simarmata masuk parna
    Apa iya Ginting Garamata gak mengakui parna ?
    Saya Saragih Simarmata di simalungun.

    Bujur
    Diatetupa
    Mauliate

    Horas & Mejuah-juah

    ReplyDelete
  23. Suku karo lebih mengerti Sejahnya sendiri daripada suku toba yang banyak berpedoman kepada mitos dan legenda dan nina nina, karena sejarah suku karo tidak pernah besentuhan dengan sejarah toba sejarah karo besinggungan dengan India, Pakpak, melayu dan aceh gayo biar jelas. karo orang toba yang ada dikaro umumnya menempel marga yang ada di karo.

    ReplyDelete
  24. Lalap kena gejek masalah Batak.
    Batak itu persatuan ke lima suku.
    Sama halnya dengan Parna.
    Karo ya Batak, Toba ya Batak, Simalungun ya Batak dsb. Jika kita suku Karo mengatakan kita Batak, ya memang benar. Tapi bukan Toba. Begitu juga dengan suku2 yg lainya. Paham

    ReplyDelete
  25. istri ku suku Batak , aku suku Karo,
    anak anak ku jadi Batak Karo .
    πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  26. Arti batak bas cakap karo lit.. Nini marenda pernah ktakena terbatak mimpi, mengigau yg artinya dialam bawah sadar dan kenyataanya sama! Jadi menurut saya kata, batak, itu himpunan beberapa suku yg di buat orang karo! Yg artinya setia atau sepenanggulangan! Kalau di suku yg lain saya gak tau apa ada arti dari kata batak dalam bahasa sukunya! Sentabi kade kade menurut pendapatku nge!

    ReplyDelete
  27. minta sarannya kak aku ginting menikah dengar boru simalango bisa ga ya?? mohon sarannya

    ReplyDelete
  28. Saya Batak dan termasuk turunan marga Parna. Saya tidak setuju karo itu disebut Batak. Karo itu bukan Batak, apakagi kl dusebut Parna?
    Mungkin saja Karo itu pernah pada mulanya bergabung dengan kumpulan marga Batak, tapi pada dasarnya bukanlah keturunan si raja Batak.
    Sudah saatnya mengeluarkan Ginting dari kumpulan Parna!

    ReplyDelete