Wednesday, January 18, 2012

Gua Liang Dahar

Gua Liang Dahar adalah sebuah goa yang terletak di Desa Laubuluh Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo, Goa ini memiliki kedalaman sekita 200 meter di bawah tanah dan tempat ini tergolong unik karena merupakan sebuah Goa yang menakjubkan.

Di dalamnya terdapat banyak kelelawat hitam dan tidak terlalu besar, dan kelelawar ini kadang ditangkap oleh penduduk setempat untuk dijadikan bahan makanan,Gua Liang Dahar mempunyai 3 ruang besar dengan ukuran masing–masing 500 m², 400 m² dan 300 m², serta ruang ukuran kecil lainya.

Di dalam gua terdapat mata air yang mengalir melalui terowongan kecil ke Desa Bekerah dan diatas dinding gua terdapat sarang burung layang–layang dan kalong. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 40 Km, sampai ke Desa Lau Buluh dapat menggunakan kenderaan pribadi maupun kendaraan umum dan selanjutnya berjalan kaki lebih kurang 30 menit.

7 comments:

  1. Apa kita bisa masuk kedalam goa, atau cuma bisa di luar mulut gou saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batuan bos, sarang kalilawar, sungai bawah tanah

      Delete
  2. aq dah pernah masuk, asiiik..!!

    ReplyDelete
  3. Wenak bener di dalam, aku udah 2 kali kedalam. hasik ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. pa ja yg ada di dalam goa itu ?

      Delete
  4. mulut goa ga terlalu besar tetapi sampai didalam bisa main bola...

    ReplyDelete
  5. Desa Bekerah itu dimana? , Desa Laubuluh itu dimana ?
    Sepengetahuan saya desa Laubuluh itu di Kec.Kutabuluh Simole, dari Kaban Jahe +/- 35 Km, ke arah Barat.
    Karena kampung saya disitu

    ReplyDelete