Thursday, January 19, 2012

Simalem Resort, Resort Terbaik di Sumatera Utara

Mengisi hari libur dengan jalan-jalan sepertinya sudah mulai menjadi agenda tetap kami karena sayang sekali jika sudah tinggal di suatu tempat tidak disempatkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar kota. Suatu hari Sabtu sore, selesai aku lembur di kantor, kami memulai perjalanan yang sebelumnya tidak ditetapkan akan kemana, namun kami ingin ke arah Brastagi. Perjalanan dibuat sesantai dan senyaman mungkin, tidak buru-buru. Sesampainya di Brastagi sudah lepas maghrib, jalanan sudah gelap. Akhirnya kami sepakat untuk meneruskan perjalanan ke Taman Simalem Resort dengan asumsi akan menginap di hotel kecil sekitar lokasi tujuan.

Kami melanjutkan perjalanan hingga lepas Kabanjahe, dan ternyata kondisi jalan banyak yang rusak, bahkan ada beberapa titik yang sangat parah. Apalagi saat itu sedang musim hujan. Terpaksa jalan pelan-pelan hingga sampai di Merek. Dari sana kami mencoba mulai mencari penginapan, namun tidak kami temukan. Perjalanan lanjut hingga 8 km arah Sidikalang, akhirnya kami sampai juga ke Taman Simalem Resort. Namun sayang, pintu masuk sudah ditutup. Akhirnya kami mencari tempat untuk memarkir mobil dengan nyaman untuk menginap dalam mobil malam itu. Puji syukur ada, di dekat restoran yang menyediakan fasilitas umum seperti kamar mandi. Malam itu udara sangat dingin, untung perlengkapan tidur cukup banyak kami bawa termasuk selimut dan jaket. Pagi-pagi kami tidak mau kehilangan moment indah terlalu lama, sehingga langsung menuju lokasi kembali. Menurut info penjaga pintu masuk semalam, mereka akan buka jam 6 pagi.  Tiket masuk dihitung per kendaraan. Untuk 1 mobil Rp200.000,00.
Taman Simalem Resort yang menyebut dirinya Pearl of Lake Toba ini merupakan tempat wisata pemandangan alam yang menawarkan view Danau Toba dari arah utara. Dibangun dengan konsep tempat wisata yang lengkap, karena selain melihat indahnya Danau Toba, bangunan-bangunan dan semua fasilitas dibangun dengan cita rasa arsitektur yang sangat tinggi alias sangat cantik. Beberapa fasilitas yang bisa didapatkan disana adalah penginapan di dalam hutan, hiking track, resto, tempat outbond, kebun markisa, berkuda, ruangan terbuka untuk suatu acara pertunjukan, mini golf, gazebo di tepi sungai, dan masih banyak lagi. Tidak terasa memang menghabiskan waktu seharian disana.